Sabtu, 30 Juli 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                             :
MATA PELAJARAN              : ILMU PENHETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER            : VI / I
ALOKASI WAKTU               : 1 X PERTEMUAN (2x35 menit)
PERTEMUAN KE                  : 1
 

I.                    STANDAR KOMPETENSI
1.       Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

II.                  KOMPETENSI DASAR
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan (jangkrik, belalang, kumbang) dan lingkungannya (1.1)

III.                INDIKATOR
1.1.1          Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
1.1.2          Menjelaskan fungsi cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan

IV.                TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat
-          Menebutkan jenis-jenis hewan
-          Menemukan ciri-ciri khusus pada hewan

V.                  MATERI PEMBELAJARAN

Ciri khusus pada hewan berhububgan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup, misalnya :
1.       Cecak
-          Cecak sering kita lihat di dinding dan langit- langit rumah
-          Cecak bergerak dengan cara merayap
-          Cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya
-          Cecak dapat mendaki pohon, dinding atau bangunan dengan mudah
-          Cecak dapat melepaskan ekornya apabila diterkam oleh musuh
2.       Bebek
-          Bebek termasuk hewan unggas
-          Hidup serta mencari makan di daratan dan perairan
-          Kaki bebek mempunyai selaput untuk berenang
-          Paruh bebek panjang berguna untuk mencari makan di tempaat basah atu lumpur
3.       Kelelawar
-          Kelelawar keluar malam hari untuk mencari makan, dan siang hari diam di sarangnya
-          Kelelawar mempunyai indra pembau dan pendengaran yang tajam
-          Juga dapat mengeluarkan bunyi tinggi dan nyaring, yang dinamakan ultrasonic
-          Bunyi kelelawar dapat menangkap dan membedakan antara mangsa dan bukan
4.       Semut
-          Semut adalah serangga yang bersarang di dalam tanah
-          Semut memiliki dua buah antenna di kepalanya, yang berguna untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi
-          Mulut semut digunakan mengecap, membau dan menyentuh untuk menemukan makanan atau benda di sekitarnya
-          Semut dapat mengeluarkan bau khusus untuk berkomunikasi dan memberikan tanda bahaya
5.       Kucing
-          Kucing merupakan hewan pemburu dan memiliki otot yang kuat
-          Kucing mempunyai alat keseimbangan yang terdapat pada telinga
-          Juga kucing dapat mendengar bunyi ultra sonic dan mata yang tajam untuk berburu
6.       Cumi-cumi
-          Cumi-cumi hidup di air, dan memiliki banyak tangan pendek yang mengkerut disebut tentakel
-          Cumi-cumi mempunyai tinta pekat, yang berguna untuk melindungi dari hewan pemangsa
-          Cumi-cumi dapat memancar:kan cahaya dari dalam tubuhnya

VI.                METODA DAN PEMBELAJARAN

1.       Model Pembelajaran                     : Contextual Learning (4.Think Pair and Share)
2.       Metoda Pembelajaran                  : Tanya jawab, diskusi, demontrasi, dan karyawisata

VII.              KEGIATAN PEMBERAJARAN

A.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan  pendahuluan guru :
1.       Mengapresiasi dengan mengkondisikan siswa untuk belajar
2.       Bercerita tentang makhluk hidup
3.       Pelaksanaan belajar melalui kelompok
4.       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari

B.      Kegiatan Inti (40 menit)

1.       Eksplorasi
1.1. Memberikan kesempatan peserta didik untuk mencari/menuliskan jenis makhluk hidup hewan
1.2. Menggunakan pendekatan/model Contextual Learning (4.Think Pair and Share), media pembelajaran dan sumber belajar
1.3. Melibatkan siswa secara oktif dalam kegiatan

2.       Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
2.1. Membimbing peserta dalam pengerjaan lembar kegiatan kelompok
2.2. Mendiskusikan dengan teman sekelompoknya, untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan lembar kegiatan dengan tidak merasa takut salah
2.3. Memfasilitasi peserta didik untuk belajar kooperatif dan kolaboratif dengan berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
2.4. Memfasilitasi peserta didik untuk melaporkan hasil kerja secara kelompok/individual yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri

3.       Konfirmasi
3.3. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat dan hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
3.4.  Memberikan konfirmasi terhadap hasil kerja kelompok/eksplorasi melalui berbagai sumber belajar
3.5. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan memberikan motivasi kepada yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

C.      Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup guru :
1.       Melaksanakan evaluasi secara tertulis
2.       Menganalisis hasil evaluasi dan memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran
3.       Merencanakan kegiatan lebih lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program perbaikan pengayaan, layanan konseling dalam bentuk tugas/PR

VIII.            SUMBER BELAJAR

1.       Sumber :  -      S ilabus Pembelajaran Kelas VI
-          Buku IPA Kelas VI, Halaman 2-7
Penerbit Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

IX.                PENILAIAN HASIL BELAJAR (Tes Proses dan Tes Akhir)

1.       Tehnik Penilaian :
a.       Tes Unjuk Kerja
b.      Tes Identifikasi
c.       Uji Petik Pengetahuan

2.       Bentuk Instrumen Soal :
Isilah titik di bawah ini dengan benar !
1.       Sepasang sayap kelelawar berupa,………………………………………………………
2.       Bunyi yang memiliki frekuensi tinggi disebut,……………………………………………………....
3.       Cecak menyelamatkan diri dengan cara,…………………………………………………………
4.       Cecak tidak akan jatuh saat merayap di dinding karena kakinya memiliki,………………..........................................................
5.       Paruh bebek berbentuk pipih yang berfungsi mencari makan di,……………………………................................................

KUNCI JAWABAN
1.       Kulit tipis halus
2.       Ultrasonic
3.       Melepaskan ekornya
4.       Perekat
5.       Lumpur

KRITERIA PENILAIAN :
-          Setiap jawaban yang benar diberi nilai 2
-          Nilai Akhir = Jumlah Jawaban Benar x 2



                                                                                                  Tarogong Kaler,   Juli 2011
      Penguji/Asessor                                                                 Guru Kelas VI


              ………………….                                                                   Drs. Priatna
              NIP……………...                                                      NIP  196206291983051001
                                                                                                                   
                                                                 





LEMBAR KERJA SISWA

MATA PELAJARAN           : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER         : VI / I
HARI / TANGGAL              :

Petunjuk Umum :
Buka dan bacalah buku sumber IPA kelas II, Halaman : 2-7, bersama teman kelompokmu !

Petunjuk Khusus :
Isilah dan diskusikan table di bawah ini dengan benar!

No.
Nama Hewan
Makanannya
Ciri-Cirinya
Ket
1
Cecak
Nyamuk
Cecak memiliki perekat pada setiap ujung kakinya









































































                Ketua Kelompok              : ……………………………………..
                Sekertaris                         : ……………………………………..
                Anggota                            : ……………………………………..
                                                             ……………………………………..
                                          ……………………………………..
                                          ……………………………………..





NASKAH SOAL
MATA PELAJARAN           : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER         : VI / I
NAMA                                : …………………………………………
HARI / TANGGAL             : …………………………………………


Isilah titik di bawah ini dengan benar !
1.       Sepasang sayap kelelawar berupa,………………………………………………........................
2.       Bunyi yang memiliki frekuensi tinggi disebut,……………………………………………..............
3.       Cecak menyelamatkan diri dengan cara,………………………………………………………...
4.       Cecak tidak akan jatuh saat merayap di dinding karena kakinya memiliki,………………………….....................................
5.       Paruh bebek berbentuk pipih yang berfungsi mencari makan di,………………………………………...........................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar